Tekanan Darah Tinggi Bisa Menyebabkan Sleep Apnea, Ini Tandanya

Rabu, 08 September 2021 - 10:29 WIB
loading...
Tekanan Darah Tinggi Bisa Menyebabkan Sleep Apnea, Ini Tandanya
Tekanan Darah Tinggi Bisa Menyebabkan Sleep Apnea, Ini Tandanya. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Tekanan darah tinggi menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berpotensi mengancam jiwa, baik darurat maupun kronis. Seperti halnya sleep apnea , gangguan yang sering disalahartikan orang sebagai mendengkur kronis.

Sleep apnea sedikit lebih berbahaya daripada dengkuran dan terdapat tiga jenis. Gejala sindrom sleep apnea obstruktif dan sentral sering tumpang tindih, dan akhirnya dapat menyebabkan sindrom sleep apnea kompleks.

Sleep apnea bermanifestasi dengan tanda-tanda meliputi mendengkur keras, periode di mana orang berhenti bernapas dalam tidurnya, terengah-engah saat tidur, bangun dengan mulut kering.

Dilansir dari Express, Rabu (8/9/2021) sakit kepala di pagi hari, insomnia, kantuk berlebihan di siang hari atau hipersomnia, sifat cepat marah dan masalah perhatian dan konsentrasi.


Sleep apnea obstruktif berakar pada otot tenggorokan terkait yang mendukung langit-langit lunak. Ini menyebabkan saluran udara menyempit sehingga menghasilkan lebih sedikit udara dan pengurangan oksigen.

Otak akan sering mendeteksi ini dan membangunkan orang, menyebabkan pola berulang yang berujung pada insomnia. Sleep apnea sentral terbentuk ketika otak berjuang untuk mengirimkan sinyal ke otot-otot pernapasan.

Terkadang kondisi ini secara singkat akan menyebabkan orang berhenti bernapas saat mereka tidur. Siapapun dapat mengalami sleep apnea terlepas dari kesehatan mereka, dan para peneliti belum mengidentifikasi tekanan darah tinggi sebagai penyebab utama.

Namun, peneliti telah membuat daftar faktor risiko potensial dan komplikasi dari kondisi tersebut. Di mana tekanan darah termasuk di kedua kategori ini.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)